Gabung Di Twitter


Home » » Sutan Syahrir dan Biografi Soedirman

Sutan Syahrir dan Biografi Soedirman

Tuesday, October 22, 2013 | 5:52 PM

Jenderal Soedirman, Panglima Besar Tentara Indonesia. Beliau akrab dipanggil pak Dirman. Mantan Panglima Besar tentara Indonesia ini, dikenal denagn semangat kharismatis dan berwibawa, Ia merupakan figure populis dengan seribi kebijakan.

Para Militer Indonesia sekarang menyebutnya Panglima Besar, sebutan untuk jasanya dalam membentuk, menyusun, dan meletakakn dasar bagi organisasi ketentaraan Indonesia, sampai terbentuknya TNI dewasa ini.

Soedirman dilahirkan pada 24 januari 1916 di Bodas, karang jati, kabupaten Purbalingga, jawa Tengah. Pendidikan yang ditempuhnya adalah HIS Purwokerto, Taman Dewasa Taman siswa, dan kemudian sekolah Guru Muhammadiyah, tetapi tidak tamat.

Soedirman, jendral Soedirman, biografi jendral soedirman, biodata jendral soedirman, Pahlawan Nasional, Tokoh Pahlawan, Nama Pahlawan Nasional

Soedirman kemudian mengajar pada sekolah Muhamadiyah. Dia juga memasuki orgnisasi pramuka dan terkenal dengan disiplinnya yang keras.

Beberapa waktu kemudian, Jepang menyerbu Indonesia, dan melakukan militerisasi terhadap para pemuda. Soedirman masuk barisan Tentara pembla tanah air (PETA) di Bogor, sebuah organisasi ketentaraan bentukan jepang, untuk meyokong Perang asia Timur raya yang sedang berkecamuk, sekaligus persiapan bagi kemerdekaan Indonesia.



Sutan Stahrir, Biografi Sutan Syahrir, Biodata Sutan syahrir, Pahlawan Nasional, Tokoh Pahlawan, Nama Pahlawan Nasional

Cita-Citanya mewujudkan kemerdekaan membuatnya meninggalkan bangku sekolah di Belanda, dan terjun dalam pergerakan nasional. Syahrir pernah 3 kali menjabat perdana menteri, serta merangkap sebagai menteri dalam dan luar negeri.

Sutan syahrir lahir di padang panjang, Sumatra Barat, tanggal 5 Maret 1909. Pada usia 22 tahun, dia menjadi ketua umum Partai Naional Indonesia Merdeka, yang bertujuan mendidik kader-kader politik bangsa.

Oleh karena itu, ia di tangkap Belanda pada 1934 dan dipenjara di cipinang, Jakarta, sebelu di buang ke Digul, papua bersama Bung Hatta, Kemudian ia dibuang ke Banda Neira, dan terakhir ke Sukabumi, jawa barat.

Ia mendirikan jong Idonesia, kemudian menjadi Pemuda Indonesia. Pada masa jepang ia melakukan perlawanan rahasia bersama mahasiswa. Pada orde lama, Syahrir ditangkap karena dituduh berkomplot untuk membunuh Presiden Soekarno. Saat itu, ia aktif membina partai sosialis Indonesia.

Sutan syahrir meninggal di Swiss pada 9 April 1966, untuk berobat sakit lumpuhnya. Ia dianugerahi gelar pahlawan nasional berdasarkan surat keputusan presiden Ri No. 76/1966 pada 19 april 1966.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Soedirman.jpg
http://id.wikipedia.org/wiki/Sutan_Syahrir
Buku: TOKOH & PAHLAWAN Seri Pejuang Kemerdekaan, Penerbit: PT. Lestari Kiranatama


Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger