Gabung Di Twitter


Home » » Planet Neptunus

Planet Neptunus

Sunday, October 6, 2013 | 8:11 AM

Planet Neptunus adalah planet terjauh kedelapan dari Matahari di Tata Surya . Ini adalah planet terbesar keempat berdasarkan diameter dan massa  terbesar ketiga. Di antara planet-planet gas di tata surya , Neptunus adalah yang paling padat . 

Massa Neptunus adalah 17 kali dari  Bumi dan sedikit lebih besar dari Uranus yang sering di sebut kembarannya, yang memiliki massa 15 kali dari  bumi, tetapi tidak padat .

Seorang ahli astronomi Prancis Urbain Jean Joseph Leverrier telah menghitung planet-planet yang tidak dikenal. Leverrier mengirimkan serangkaian tiga catatan ke Akademi Prancis tentang pokok permasalahan itu pada bulan November 1845 serta bulan juni 1846. 

Planet neptunus, pengertian planet neptunus, neptunus

Kemudian ia menulis surat kepada Johann. G. Galle, asisten kepala Observatorium Berlin, dilampiri dengan perhitungannya, dan menyarankan supaya galle mencari planet itu. Surat itu mencapai galle pada tanggal 23 september 1846.

Pada malam yang sam ia mengarahkan telskopnya ke perempat langit yang disarankan oleh Leverrier dan menemukan planet itu kurang dari 1° dari tempat yang seharusnya, sesuai dengan surat Laverrier.

Penemuan Neptunus dimungkinkan karena Observatorium Berlin baru menerima sebuah peta baru dan lengkap tentang bintang-bintang dalam daerah langit itu. 

Planet baru itu diberi nama Neptunus,  mengikuti nama dewa laut Romawi(disamakan dengan nama dewa yunanai Posiedon). Jark rata-rata Neptunus dari Matahari sekitar 4.500.000.000 km.

Neptunus memerlukan waktu sekitar 165 tahun untuk menyelesaikan rotasinta di sekitar Matahari, periode rotasinya 22 jam. 

Diameter Neptunus sekitar 48. 600 km. Kerapatan Neptunus sedikit lebih besar dari setengah kerapatan Bumi. Neptunus memiliki dua buah satelit yang telah dikenal, yang pertam yaitu Triton, dilihat pertama kali oleh ahli astronomi inggris, yang pertama yaitu Triton, dilihat pertama kali oleh ahli ahli astronomi  Inggris, William Lassel. Triton sedikit lebih besar dari Bulan. 

Triton berputar di sekeliling Neptunus dari arah timur ke barat. Ini merupakan gerak mundur, berlawanan arah dengan rotasi  Neptunus. Orbit Triton condong sekitar 40° terhadao orbit Neptunus. Massanya lebih sedikit dari 1/50 Massa Bumi.

Satelit Neptunus lainnya yaitu Nereid, dilihat pertama kalipada tahun 1949 oleh G.P. KUiper, penemu Miranda. Nereid jauh lebih kecil dari pada Triton dan berjarak sangat jauh dari Neptunus.



Sumber:
Buku: Tata Surya dan Penjelajahan Ruang angkasa, Penulis: Drajat
Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger