Gabung Di Twitter


Home » » Gregor Mendel atau Gregor Johann Mendel

Gregor Mendel atau Gregor Johann Mendel

Sunday, October 6, 2013 | 10:23 AM

Gregor Mendel atau Gregor Johann  Mendel, lahir di heizendorf. Austria , pada tanggal 22 juli 1822, beliau merupakan seorang anak petani. 

Mendel merupakan seorang naturalis dan belajar sains di universitas Vienna. Setelah lulus pada tahun 1847, ia kembali ke biaranya di Brunoi  dan mengajarkan ilmu alam pada sekolah di sana.

Dalam uji coba genetiknya, mendel menanam kacang kapri di kebun biara dan melakukan perkawinan silang dari berbagai varietas.

Ia melakukan berbagai eksperimen genetic pada tanaman kacang kapri dan membuat banyak kesimpulan tentang bagaimana suatu karakteristik. 

Kesimpulannya dipubikasikan di majalah natural history society.  Tidak ada ilmuwan yang memberikan perhatian pada risetnya dalam jangka waktu 34 tahun, hanya pada akhir abad ke-19 penelitiannya baru dihargai, serupa yang diungkapkan ilmuwan-ilmuwan dari belanda , jerman, dan Austria.. 

Gregor Mendel

Selang waktu beberapa tahun setelah kematiannya, tepatnya pada tanggal 6 januari 1884, barulah hukum genetika mendel bisa difahami oleh para ilmuwan. 

Menurut mendel beberapa karakter orang tua diturunkan pada generasi  selanjutnya, karakter  yang seperti itu dinamakan karakter hereditas

Beliau dikenal oleh semua kalangan sebagai bapak genetik, beliau membuat 3 hukum, yaitu: Hukum dominan, hukum segresi dan hukum  independent  assortment   genetika  yang  masih  diajarkan  disekolah-sekolah  pada umumnya. 



Sumber:
www.nceas.ucsb.edu 
Buku: SELUK-BELUK SAINS TOKOH-TOKOH DAN HASIL PENEMUANNYA, Penulis: Irwan Kurniawan

Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger