Gabung Di Twitter


Home » » Louis Pasteur

Louis Pasteur

Sunday, October 6, 2013 | 10:42 AM

Seorang ahli kimia dari prancis yang bernama Louis Paster, dia  adalah seorang penemu vaksin rabies yang sangat terkenal.

Louis Paster dikenal luas oleh banyak kalangan,  terutama dalam bidang ilmu pengetahuan maupun kemanusiaan karena dalam berbagai sumbangannya dalam pengembangan ilmu mikrobiologi.

Pasteur juga menemukan proses pasteurisasi untuk menghentikan fermentasi susu dan mentega.
Pasteur lahir di Dole, Perancis , pada tahun 1822. Ayahnya hanya seorang tukang samak kulit yang terkenal sangta miskin.

Louis Pasteur

Setelah Pasteur tamat  menyelesaikan pendidikan dasar, beliau pergi ke Paris, tempat diman ia mengikutu kuliah dari Bellard dan Duma, setelah dia selesai kuliah, Pasteur kemudian menjadi asisten dosen bellard dan mengabdikan dirinya pada penelitian ilmiah.

Setelah itu kemudian minatnya menjadi berubah, ia kemudian mempelajari Kristal. Pada tahun 1848, ia ditunjuk sebagai dosen fisika di Lycee.

Pada tahun 1852, ia menjadi seorang dosen kimia di Strassborg. Belanjut pada tahun 1857, ia diangkat sebagai seorang Direktur Ecole Normale.,Paris. Di sinilah Pasteur menelit I permentasi yang merupakan cabang dari ilmu baru yang bernama mikrobiologi.

Pasteur menemukna vaksin rabies dan ia pertama kalinya mencoba vaksin tersebut, kepada seorang anak laki-laki yang berusia 9 tahun yang digigit anjing gila selam 14 kali.

Pada tahun 1888, institute Pasteur didirikan, di institute tersebut , ia menjabat sebagai ketua lembaga sampai akhir hayat hidupnya.



Sumber:
www.sains.me 
Buku: SELUK-BELUK SAINS TOKOH-TOKOH DAN HASIL PENEMUANNYA, Penulis: Irwan Kurniawan



Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger