Gabung Di Twitter


Home » » Davy atau Sir Humphry Davy

Davy atau Sir Humphry Davy

Sunday, October 6, 2013 | 10:05 AM

Sir Humphry Davy, lahir di penzance, inggris pada 17 desember 1778. Sir Humphry davy dikenal  sebagai pencipta lampu pengaman untuk penambang batubara. ia juga menemukan nitro oksida, suatu gas bius yang lebih dikenal dengan nama gas tawa, Davy menemukan gas tersebut dengan memanaskan ammonium nitrat. 

Disisi lain, ia juga mengembangkan metode analisis senyawa nitrogen dan oksigen dan menemukan potassium nitroso sulfat. Namun, kontribusinya yang paling penting adalah pengunaan listrik dalam percobaan kimia. 

Davy menemukan beberapa elemen baru dengan metode elektrolisis. dengan penemuan itu ia memulai karirnya sebagai praktisi medis, tapi tak lama kemudian ia lebih dikenal karena pengetahuannya di bidang pengetahuan alam, karena pengetahuannya itu ia mendapatkan pekerjaan di Royal Institution.

Davi dikenal dengan ilmu-ilmunya, ia juga memberikan kuliah-kuliah popular. Kemasyurannya menyebar ke khalayak luas dan akhirnya ia ditunjuk sebagai dosen di royal institution.

Pada tahun 1812, Humphy Davy mendapat gelar ksatria dan tak lama kemudian ia mendapat anugerah gelar baronet.

Davy, Humphry Davy

Pada tahun 1813,  bersama Michael Faraday bekerja sebagai asisten mendampingi Davy dalam perjalanan tur ke eropa. Selam tur mereka mempelajari iodin dan membuktikan bahwa intan adalah salah sat merupakan bentuk karbon. Perkembangan busur elektrik juga mrerupakan hasil ciptaannya.

Humpry Davy juga yang menetapkan sifat katalitik dan platinum merah panas dalam campuran gas yang mudah meledak. Kita tidak bisa melupakan dengan begitu saja , atas jasa-jasanya dalam dunia ilmu pengetahuan.

Sir Humphry Davy meninggal di jenewa, swiss. Pada tanggal 29 mei 1829. Dia telah menemukan sodium, potassium dan beberapa unsur logam melalui proses elekrolisis. Davy berhasil membuktikan bahwa klorin adalah unsur.



Sumber:
www.foyles.co.uk
Buku: SELUK-BELUK SAINS TOKOH-TOKOH DAN HASIL PENEMUANNYA, Penulis: Irwan Kurniawan.

Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger