Gabung Di Twitter


Home » » Struktur Hewan dan Fungsi Jaringannya

Struktur Hewan dan Fungsi Jaringannya

Sunday, December 1, 2013 | 9:33 PM

Sebelum kita membahas Sruktur Hewan coba kita ingat kembali tentang kerajaan hewan. Hewan merupakan salah satu kelompok makhluk hidup yang utama. Kelompok yang lain adalah manusia dan tumbuhan. Hewan terbentuk oleh banyak sel. Hewan mampu bergerak, hewan beradaptasi terhadap lingkungan. Hewan makan tumbuhan atau hewn lain. Bentuk badan hewan sudah tetap sejak awal perkembangannya. Hewan disebut juga animal. Dalam bahasa latin, animal berarti ” napas atau jiwa yang vital.” Hewan merupakan makhluk hidup yang berjiwa atau bernyawa.

Struktur Hewan dan fungsi jaringannya, Struktur Hewan, kerajaan hewan

Struktur Hewan memiliki berbagai fungsi yang berbeda-beda. Tubuh hewan terbentuk oleh sejumlah system jaringan yang berbeda-beda. Jaringan otot mengendalikan kontraksi atau gerakan. Sistem syaraf mengirim dan memproses sinyal listrik. Sisitem pencernaan menyerap makanan, stuktur mandiri seperti itu memungkinkan tubuh hewan bersifat tetap sejak bayi. Kemudian, bayi itu mampu berkembang sendiri.

Utuk lebih jelasnya tentang struktur hewan dan fungsi jaringannya akan kita bahas secara singkat di bagian bawah.

Reproduksi dan perkekbangbiakkan
Hampir semua hewan menjalani reproduksi melalui hubungan seks. Hewan hamil dan melahirkan bayi atau hewan kecil baru. Hewan lain mendapatkan keturunan dengan bertelur. 

Kebanyakan hewan tumbuh dengan memanfaatkan energy yang berasal dari sinar matahari. Hewan memperoleh energy itu dari tanaman yang mereka makan. Hewan juga memperoleh energy dari hewan lain yang dia makan.


Mamalia 
Mamalia merupakan hewan bertulang belakang. Mamalia memiliki kelenjar mammary. Pada mamalia betina, kelenjar ini menghasilkan susu bagi anak bayinya. Mamalia memiliki jantung. Mamalia memiliki rambut ditubuhnya. Di dunia ini, mamalia terdiri dari sekitar 5.500 spesies. Ciri-ciri tubuh manusia juga termasuk ke dalam hewan mamalia. Tetapi jiwa, pikiran, dan perasaan manusia tentu tidak dapat disamakan dengan hewan.

Sistem Kerangka
Hampir semua mamalia tujuh cervical vertebrae (tulang leher). Mamalia jenis itu mencakup kelelawar, jerapah, paus (whales), dan manusia.  Hanya ada sedikit mamalia yang cervical vertebraenya enam atau Sembilan.

Sistem Pernapasan
Mamalia bernapas. Udara masuk melalui saluran mulut dan hidung. Udara mengalir ke paru-paru. Di paru-paru, oksigen dari udara diserap ke haemoglobin darah. Paru-paru mamalia hampir persis sama dengan paru-paru manusia.

Kepala dan Otak
Semua otak mamalia memiliki  neocortex. Neocortex melakukan fungsi tingkat tinggi,  misalnya, persepsi indera, perintah gerak, panalaran ruang, dan pemikiran mengenai kesadaran diri. Pada manusia, ada kemampuan berbahasa.

Kulit
Mamalia memiliki tiga lapisan kulit. Urutan lapisan itu dalah epidermis, dermis, hypodermis. Epidermis merupakan lapisan terluar. Ciri kulit seperti itu terjadi pada mamlia dan hewan bertulang belakang lain.

Reproduksi
Kebanyakan mamalia melahirkan anak.Akan tetapi, sejumlah mamalia bertelur. Contohnya, monothremes. Ciri khas mamalia adalah memiliki kelenjar mammary. Kelenjar ini memungkinkan mamalia menyususi anaknya.

Kemampuan Terbang
Sejumlah hewan mampu terbang contohnya, serangga, burung, dan kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang.Terbang terjadi ketika hewan yang lebih berat dari pada udara bergerak terus-menerus di udara dan tidak jatuh.


Sumber : Esiklopedia Hewan, GANECA EXACT

Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger