Gabung Di Twitter


Home » » Gastropoda dan Klasifikasi Moluska

Gastropoda dan Klasifikasi Moluska

Tuesday, December 17, 2013 | 7:31 PM

Gastropoda yang banyak kita kenal adalah siput dan slugs. Siput biasanya memiliki kepala dengan dua atau empat sungut (tentacles). Tentacles merupakan indera. Mata pada ujung tentacles pada gastropoda ada yang tidak mampu melihat gambar. Dia hanya mampu membedakkan terang dan gelap. 

Gastropoda, moluska, Klasifikasi Moluska, bivalvia


Gastropoda lain ada yang memiliki lensa mata, seperti mata manusia. Hampir semua gastropod memiliki kulit keras. Gastropoda sangat terkenal sebagai binatang darat. Akan tetapi, 2/3 spesies gastropod hidup dilaut.

Gastropoda merupakan bagian dari klasifikasi moluska.  Moluska berasal dari bahasa latin yang berarti “lunak”.kita mengenal moluska ketika melihat kulit kerang untuk dekorasi. Kita juga mengenal moluska di restoran seafood. 

Moluska yang banyak kita kenal adalah siput atau keong (snails), kerang (clams), abalone, gurita (octopus), sotong (cuttlefish atau sepia), dan cumi-cumi (loligo atau squid).

Anatomi Moluskas
Tubuh moluska biasanya terdiri dari kepala, kaki berotot, dan lapisan khusus yang menjadi rumah bagi organ. Pada kepala molusca biasanya ada mata atau tantacles. Molusca memiliki kaki berotot yang digunakkan untuk bergerak.

Insang pada molusca menghirup oksigen dari air dan membuang zat tak terpakai oleh tubuh ke air.molska memiliki saluran pencernaan yang lengkap. Yakni, berawal dari mulut dan berakhir di anus. Tubuh moluska tidak memiliki sejumlah segmen atau penggalan.

Klasifikasi
Moluska mencakup 250.000 spesies. Spesies yang terbanyak adalah gastropoda (40.000-150.000). Bivalvia (8.000 spesies).chepalopoda (786 spesies). Ada lagi lima kelompok lain yang spesiesnya sedikit. Selain Gastropoda ada beberapa lgi yang ter masuk klasifikasi moluska, diantaranya:

Bivalvia
Bivalvia memiliki dua belah kulit keras. Kedua belahan itu simetris. Yang termasuk bivalvia adalah scallops, ciams, kpiting (oysters), dan mussel. Bivalves sepenuhnya hidup di air, baik di air laut maupun air tawar.

Chepalopoda
Ciri khas chepalopoda adalah memiliki simetri badan yang bilateral. Chepalopoda dianggap hewan paling cerdas pada kelompok hewan tidak bertulang belakang. Chepalopoda memiliki indera dan otak. Otak chepalopoda lebih besar dari pada gastropoda dan bivalvia. Chepalopoda bergerak dengan cara dorongan jet. Dorongan jet memerlukan banyak sekali energy. Dorongan sayap pada ikan memerlukan energy yang lebih sedikit.

Sumber:  Ensiklopedia Hewan, GANECA EXACT

Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger