Gabung Di Twitter


Home » » Binatang Reptil

Binatang Reptil

Monday, December 2, 2013 | 7:45 AM

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Reptil kita bahas dulu asal muasal kata reptil tersebut. Reptil berasal dari kata Latin repere, yang berarti merayap. Reptil adalah hewan bertulang belakang yang memiiki empat kaki. 

Reptil, Binatang Reptil sistem peredaran darah pada reptil


Reptil termasuk hewan berdarah dingin, apa itu berdarah dingin? yang dimaksud berdarah dingin yakni, reptile tidak mampu mempertahankan suhu tubuhnya secara konstan. Karena itu reptile berusaha memilih suhu yang pas di luar tubuh. 

Misalnya, binatang reptile selalu memilih suhu yang pas diluar tubuh. Misalnya, reptil  selalu memilih berjemur dari sinar matahari bila suhu tubuhnya dingin. Sebaliknya, reptile bergerak ke tempat yang teduh bila suhu tubuhnya panas. Hampir semua reptile terbungkus oleh kulit keras.hampir dan hampir semua reptile bertelur.

Peredaran darah
Reptile memiliki jantung untuk memompa darah, tentunya berbeda dengan manusia. Darah pada reptile sering tercampur antara darah yang mengandung oksigen dan darah yang sudah kehilangan oksigen. Selain itu, aliran darah reptile dapat bergantian antara darah yang kehilangan oksigen. 

Selain itu, aliran darah reptile dapat bergantian antara darah yang kehilangan oksigen di tubuh dan darah yang mengandung oksigen di paru-paru. Kelebihan hewan reptil ini lebih mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. bahkan reptil yang hidup di perairan mampu menyelam dengan waktu yang lama.

Pernapasan
Semua reptile bernapas dengan paru-paru. Cara bernapas berbeda-beda untuk tiap kelompok reptile. Kebanyakan reptile harus menghentikan napas ketika menelan makanan.  Seperti contoh pada buaya  jenis reptile yang sering kita lihat ini. Kalau kita amati dengan jelas buaya memiliki hidung yang sangat kecil. Hal itu membuat buaya tampak menangis ketika makan. Menangisnya buaya untuk mengeluarkan banyak cairan, sehingga tersedia banyak ruang bagi masuknya oksigen.

Ekspresi
Ekspresi reptile dilakukan dengan dua ginjal. Banyak reptile menggunakkan kloaka atau colon untuk membantu menyerap ulang air. Beberapa reptile mampu mengambil lagi air yang ada di kandung kemih. Pada sejumlah reptile, kelebihan garam juga dikeluarkan melalui hidung.

Jenis reptile
Reptil ditemukan di semua benua, kecuali Antartika. Sekarang ada 6.800 spesies reptil. Kelompok yang terbesar adalah alligator, buaya, bulus atau kura-kura, bunglon, dan ular. Penyebaran utama reptile ada di wilayah tropis dan subtropics. Indonesia adalah wilayah tropis.

Sumber : Ensiklopedia Hewan. GANECA EXACT

Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger