Gabung Di Twitter


Home » » Mengenal Ekosistem Darat dan Ekosistem Laut sesuai Biome

Mengenal Ekosistem Darat dan Ekosistem Laut sesuai Biome

Wednesday, December 18, 2013 | 9:11 AM

Biome darat terdiri dari enam yaitu, Tundra, Padang rumput, Gurun (Desert), Taiga, Tempere Forest. Disetiap biome yang berbeda kita akan menemukan ekosistem hewan yang mendiaminya, yang terdiri dari ekosistem darat maupun laut.

Ekosistem Darat, Ekosistem Laut, Biome


Untuk lebih jelas ekosistem darat dan ekosistem laut sesuai biome kita harus mengetahui terlebih dahulu biome - biome yang ada di muka bumi ini. Atau untuk lebih jelas tentang apa Biome itu cek di sini http://id.wikipedia.org/wiki/Bioma

Tundra
Tundra ada di bagian paling utara bumi, yakni di Amerika Utara dan Eurasia. Curah hujan wilayah ini sekitar 20 cm per tahun. Pada musim panas di wilayah ini banyak air karena salju meleleh. Musim panas sanagt singkat. Musim dingin sangat panjang dan gelap. Hampir setiap waktu air membeku. Tanah juga ikut membeku. Hampir tidak ada pohon di wilayah ini. Hewan khas wilayah ini adalah grazing musk ox, reindeers, dan caribou bersama dengan wolves, lynx, dan rodent.

Padang Rumput (grassland)
Grassland ada di wilayah iklim sedang (temperate) dan tropis. Curah hujannya sangat sedikit, yakni 25-45 cm per tahun. Musim kering sanagt panjang. Wilayah grassland tidak sekering gurun. Wilayah grassland tidak sebasagh hutan. Grassland ada di Amerika, Afrika, Asia, dan Australia. Tanah di wilayah ini sangat baik untuk pertanian. Wilayah ini tidak memiliki pohon. Wilayah ini sangat baik untuk penggembalaan hewan ternak. Hewan khas wilayah ini adalah antelope, bison, dan prairie dogs.

Gurun (Desert)
Ciri khas gurun adalah kondisinya sangat kering. Curah hujan biasanya kurang dari 25 cm per tahun. Perbedaan antara suhu siang dan malam sangat besar, perbedaan bisa 120o F atau 48,8o C. Tumbuhan menyesuaikan dengan sedikitnya air dan suhu yang sangat ekstrem tersebut. Di gurun sahara, afrika dan di gurun lain hampir tidak ada tumbuhan. Hewan yang ada di gurun adalah arthropods (terutama serangga dan laba-laba), reptile (lizard dan ular), running birds, rodent (kangaroo rat dan pack rat), serta sejumlah burung besar (hawks, burung hantu atau owls) dan mamalia (coyotes).

Taiga 
Taiga adalah hutan tumbuhan berjarum  ( seperti cemara) di bagian utara Eurasia ( eropa dekat Asia) dan Amerika utara. Curah hujan di wilayah ini antara 25-100 cm pertahun. Musim semi di wilayah ini pendek. Musim dingin sangat dingin dan sebentar. Musim panas cenderung sejuk. Di wilayah ini ada pohon spruce, fir, hemlock, dan pine. Hewan yang banyak di wilayah ini adalah conifers, alders, birch,dan willow, wolves, grizzly bears, moose, mink, dan caribou.

Tempere Forest
Biome tempere forest ada di sebelah selatannya taiga di Amerika Utara bagian timur, Asia Timur, dan hampir semua Eropa. Di wilayah ini curah hujan melimpah, yakni 75-150 cm/tahun. Di wilayah ini musim semi 140 hingga 300 hari per tahun. Tumbuhan yang banyak tumbub di wilayah ini adalah beech, maple, oak; dan pohon deciduous hardword. Pohon ini berdaun lebar. Daun itu berjatuhan pada musim gugur. Daun itu tumbuh lagi pada musim semi. Hewan khas daerah ini adalah white-tailed deer, oposums, dan squirrels.

Ukuran ekosistem dapat bermacam-macam. Ekosistem dapat mencakup perdesaan atau perkotaan tempat kita tinggal. Hutan tertentu tempat harimau tinggal. Laut tempat ikan tuna tinggal. Masing-masing ekosistem tersebut dipisahkan oleh batas gerografi. Misalnya, dipisahkan oleh gunung, sungai, laut, atau gurun. Ekosistem dapat mencakup Negara atau benua tempat kita tinggal. Bahkan, ekosistem yang lebih kecil.

Klasifikasi komunitas
Ada da jenis komunitas, yaitu komunitas daratan dan komunitas perairan. Kedua jenis komunitas ini membentuk sejumlah biome. Biome adalah satu wilayah geografis khas yang bercirikan bentuk tumbuhan dan hewan dominan tertentu dan berada di iklim yang sama. Sebenarnya bumi kita terdiri 30 atau lebih biome. Tetapi, secara umum, kita mempelajari delapan biome:

Biome  Air :air tawar ( freshwater biome), air laut (marine biome),.
Biome darat : tundra, padang ruput (grassland), gurun (desert), taiga, temperate forest, hutan hujan tropis  (tropical rain forest).

Biome air tawar
Biome air tawar  adalah air yang tidak asin atau tidak mengandung garam. Ada dua biome air tawar, air mengalir dan air diam. Contoh air yang mengalir adalah sungai. Contoh air yang diam adalah kolam atau danau. Di air tawar kita dapat menemukan ikan lele, mas, mujair, gurame, gabus, dan tawes. Tumbuhan air tawar antara lain adalah selada air, kangkung, dan terate.

Biome air laut
Biome air laut terdiri dari mineral yang lebih larut dibandingkan biome air tawar. Lebih dari 70% wilayah bumi kita berupa air. Kebanyakan adalah air asin atau air laut. Ada dua jenis biome: biome kedalaman ( dipantai dan di dasar laut) dan biome mengambang. Di laut ada banyak  ikan, antara lain lumba-lumba, ikan hiu, ikan duyung.

Sumber:  Ensiklopedia Hewan, GANECA EXACT
Kalau Artikel ini bermanfaat, tolong bagikan keteman Anda melalui FB G+ Atau Twitter :

Popular Posts

Powered by Blogger.

Pages - Menu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia KU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger